Kamis, 07 April 2011

Untuk Para Pencipta Keindahan

Seni, sebuah keindahan yang tak bisa di nilai dengan angka, hanya hati yang bisa menilai. Setiap manusia mempunya jiwa seni entah itu musik, seni rupa, seni tari, atau seni lensa mungkin. Yang jelas di hidup ini penuh dengan rasa seni, keindahan seni yang luar biasa membuat kita jatuh dalam rasa akan cinta terhadap seni. Mungkin di Indonesia ini seni yang paling di gemari adalah seni musik.

Pada beberapa tahun belakangan sampai sekarang banyak bermunculan band-band baru di industri musik tahan air, jumlah nya pun sangat banyak. Sepertinya sangat mudah untuk terkenal saat ini, kita hanya cukup membuat beberapa lagu lalu rekaman dan di pasarkan. Tapi sayang banyak di antara bend-band tersebut yang hanya "numpang lewat" lantaran mereka tidak mampu bersaing dengan band-band lain nya.

Dari sekian banyak band tersebut hanya beberapa yang bisa bertahan dan nyantol di hati para penikmat musik. Itu karena mereka yang bertahan adalah para musisi yang punya musikalitas tinggi, tidak seperti yang lainnya hanya sekali-dua kali masuk TV lalu tak ada kabar lagi.

Terkadang saya khawatir melihat pertumbuhan musik di Indonesia ini, mereka para pemeran seni musik terkadang hanya asal saja dalam membuat karya lagu nya itu sendiri. Saya memang bukan ahli nya dalam musik, tapi saya bisa merasakan dan memilah-milah mana lagu yang punya rasa seni tinggi dan mana lagu yang asal buat.  Saya juga pernah menciptakan sebuah lagu, tidak gampang memang tapi saya tidak mau jika lagu itu di nilai orang asal buat. Saya harus memperhatikan banyak hal dan juga harus minta bantuan beberapa rekan (mungkin karana saya tidak pandai mencipta lagu).

Sebuah harapan dari saya agar musik Indonesia bisa menjadi musik yang benar-benar berseni bukan musik untuk nyari duit. Pesan saya untuk para musisi tanah air :

"Kalian adalah seniman, para pembuat seni. seni itu adalah keindahan, dan kalian adalah yang menciptakan keindahan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar